Home

Kamis, 04 Maret 2010

ANDROID


Sistem operasi buatan Google ini perlahan tapi pasti mulai menampakkan tajinya. Sejak diperkenalkan pada tahun 2007, Android mulai mampu memikat beberapa vendor untuk mengadopsinya. Ini bisa terlihat dari bertambahnya jumlah vendor yang terhunbung dalam Open Handset Alliance (OHA), yaitu konsorsium yang tertarik untuk mengembangkan Android. Sejak didirikan pada 5 november 2007, anggota OHA yang awalnya berjumlah 13 vendor. Tapi semenjak tahun 2008 bertambah menjadi 21 vendor, diantaranya yaitu Google, HTC, Intel, LG, Motorola, nVidia, Qualcomm, Samsung Electronics, Texas Instrumen, Sony Ericsson, Toshiba, dan lainnya.

Di tahun 2008 pula menjadi bukti awal perkembangan Android. Tepatnya pada bulan oktober 2008 ponsel pertama yang mengadopsi Android resmi diluncurkan. Adalah High Tech Computer (HTC), vendor asal Taiwan meluncurkan ponsel Android pertama yang diberi nama HTC Dream. Kemudian HTC menambah koleksi ponsel Androidnya dengan meluncurka HTC Magic dan HTC Hero yang dibundling dengan Telkomsel. HTC juga sudah mempersiapkan seri lainnya, yaitu HTC Tatto.

Vendor lain yang juga tertarik mengadopsi Android yaitu Samsung. Vendor asal korea ini telah memperkenalkan ponsel Android pertamanya di ajang Communicasia 2009 bulan juni lalu, yaitu Samsung i7500 atau disebut juga Samsung Galaxy. LG juga terpikat oleh Android. Ini terbukti dari diperkenalkannya ponsel LG pertama yang berbasis Android yaitu LG GW620 (Etna). Di Indonesia LG akan memasok ponsel Android sebanyak 5 jenis di 2010 ini. Salah satunya LG GW620.

Motorola tahun ini juga siap meluncurkan pomsel Android. Yaitu Motorola Cliq dan Motorola Milestone (Motorola Driod). Motorola Cliq dilengkapi user interface Motoblur yang salah satu kelebihannya bisa connect ke sejumlah jejaring social (twitter, Facebook, dan sebagainya) lewat satu pintu.

Sony ericsson juga tidak mau ketinggalan, mereka kabarnya siap memperkenalkan ponsel Android pertamanya yang berseri Xperia X3. Sony ericsson akan menggunakan interface buatannya sendiri yang diberi nama Rachel. User interface ini akan menampilkan widget yang banyak di layar yang lebar. Namun, sampai saat ini belum ada penjelasan resmi dari Sonyericsson kapan perangkat tersebut akan diliris ke pasaran.

Google sepertinya juga ‘gatal’ ingin ikutan membuat ponsel Android. Nexus One adalah ponsel pertama Android yang akan diperkenalkan Google. Bahkan ponsel ini mengadopsi sistem operasi Android versi 2.1 dan didukung prosesor 1GHz. Selain para vendor besar ternyata vendor sekelas Huawei dan Haier juga terkesima akan Android. Terbukti dengan munculnya ponsel Huawei U8230 dan Haier H7 yang bersistem operasi Android.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar