Home

Sabtu, 08 Desember 2012

Aspek Pemasaran

Definisi 


Pemasaran

Menurut AMA (American Marketing Association) Pemasaran adalah proses perencanaan dan penerapan konsepsi, penetapan harga dan distribusi barang, jasa dan ide untuk mewujudkan pertukaran yang memenuhi tujuan individu atau organisasi.


Produk

Sesuatu yang dapat ditawarkan kepada pasar untuk memenuhi keinginan atau kebutuhan (dimanfaatkan, dikonsumsi atau dinikmati ) Produk diklasifikasikan / dispesifikasikan dalam 2 kategori, yaitu :

1. Produk Konsumen
Produk yang dibuat untuk keperluan rumah tangga konsumen.

2. Produk Perusahaan atau Produk Industri
Barang yang dimaksudkan untuk membuat produk lain atau untuk penyediaan jasa dalam perusahaan.
Contoh :
Bahan mentah, bahan manufaktur, instalasi, perlengkapan operasi dan alat bantu.


Segmentasi dan Target Pasar

Melalui segmentasi pasar, perusahaan berusaha untuk membagi pasar yang luas dan heterogen ke segmen yang lebih kecil yang dapat dilayani lebih efisien dengan produk/jasa yang pas dengan kebutuhan spesifik konsumen. Beberapa dasar segmentasi pasar :

  • Segmentasi geografi
  • Segmentasi demografi
  • Segmentasi psikografi
  • Segmentasi perilaku

Distribusi

Proses pengiriman dengan suatu cara dan sarana dari pihak yang membuat / produsen, baik perseorangan atau perusahaan, kepada konsumen yang memerlukannya 
Saluran Distribusi
  • Saluran distribusi produk konsumen
    • Produsen ► Konsumen
    • Produsen ► Pengecer ► Konsumen
    • Produsen ► Grosir ► Pengecer ► Konsumen
    • Produsen ► Agen ► Pengecer ► Konsumen
    • Produsen ► Agen ► Grosir ► Pengecer ► Konsumen
  • Saluran distribusi jasa :
    • Produsen ► Konsumen
    • Produsen ► Agen ► Konsumen

Analisis Situasi Pasar

Analisis situasi pasar merupakan analisis pemasaran yang meliputi beberapa tahapan, dimana tahapantersebut sangat bergantung kepada variabel dan faktor yang secara dominan mempengaruhi proses pemasaran. Adapun tahapan dalam analisis pemasaran sebagai berikut


Analisis Terhadap Pesaing

Untuk menyiapkan strategi pemasaran yang efektif, perusahaan harus memperhatikan pesaing selain juga pelanggan aktual dan potensinya. Ini terutama penting di pasar yang pertumbuhannya lamban karena penjualan hanya dapat ditingkatkan dengan merebutnya dari pesaing.
Pesaing suatu perusahaan meliputi mereka yang berusaha memuaskan pelanggan dan kebutuhan pelanggan yang sama dan menyediakan penawaran yang serupa kepada pelanggan itu. Tetapi, perusahaan juga harus menaruh perhatian kepada pesaing latennya yang mungkin menawarkan cara baru atau cara lain guna memuaskan kebutuhan yang sama. Perusahaan harus berusaha mengidentifikasi para pesaingnya dengan menggunakan baik analis industri maupun pasar.
Dalam industri manapun, apakah industri domestik atau internasional, apakah menghasilkan barang atau jasa, aturan persaingan menurut (Porter,1985) tercakup dalam 5 (lima) faktor persaingan, yaitu:
  1. Masuknya pendatang baru,
  2. Ancaman produk substitusi,
  3. Daya tawar-menawar pembeli,
  4. Daya tawar-menawar pemasok dan
  5. Persaingan di antara para pesaing yang ada


Pembuatan media promosi berbasis TIK

Dalam kegiatan bisnis, pasar selalu menggunakan berbagai media berbasis TIK untuk melakukan kegiatan promosi. Media tersebut bisa melalui iklan, brosur, website, dan lain-lainnya. Umumnya jika melakukan promosi melalui iklan, akan lebih cepat dikenal daripada media lainnya. Hal ini disebabkan karena media yang digunakan biasanya umum sehingga masyarakat lebih cepat mengetahui iklan yang sedang dipromosikan, sedangkan dengan brosur, kita bisa melihat informasi dari promosi tersebut melalui sehelai kertas. Biasanya isi kertas tersebut berisikan informasi dan gambar dari produk yang ditawarkan. Website juga digunakan sebagai media promosi dari suatu pasar. Keuntungan dari media melalui website ini adalah kita bisa memperoleh informasi yang lebih jelas baik dari jenis, harga, maupun kualitas dari barang itu sendiri. Tampilan website yang menarik, dapat membuat konsumen yang membuka website tersebut tertarik untuk membeli produk tersebut. Berikut Contoh media yang biasa digunakan yaitu Brosur :







Tidak ada komentar:

Posting Komentar